Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 18 Juli 2009

MALING TAKUT ADAT LHO

Tips Saat Kecurian

Pencuri Takut Adat?? Ya, itu benar – benar ada. Kamis (9/7) lalu, asrama Paniai yang terletak di Wosi Dalam, Manokwari, dibobol maling, sebuah mesin pompa air raib. Namun ancaman ritual adat yang disebar melalui selebaran oleh pengurus asrama, membuat sang maling bergidik

Saking takutnya kena tulah adat, maling yang tak jelas identitasnya itu akhirnya mengembalikan barang curiannya.

Maling menjalankan aksi, sekitar pukul 12.30 WIT. Penghuni asrama tidur pulas. Sang maling menggergaji mesin hingga terlepas.

Mungkin karena terburu – buru gergaji besi itu tertinggal di TKP, bersama sepasang sendal jepit. Mungkin pula ia berkeringat saat menggergaji mesin, sehingga Ia membuka baju. Baju berwarna merah ini ikut ketinggalan di TKP.

Maling tahu adat ini dipergok warga saat membopong mesin. Ia dikejar, Ia lompat kesana kemari menghindari kejaran. Lincah seperti kancil, dan tak sempat tertangkap.
Yakob Pigai Ketua Asrama, sangat marah karena kejadian ini. Ia kemudin menyebar selebaran bernada ancaman di sekitar Kompleks Wosi Dalam.

Dalam penegasannya, anak muda dari pegunungan Papua ini berjanji akan menghukum sang maling secara adat, kalau tak mengembalikan mesin itu. ”Kembalikan dalam dua minggu,” tekan Yakob dalam selebarannya.

Eh, ancaman itu ampuh bin mujarab. Buktinya dua hari kemudian mesin itu dikembalikan si maling dengan penuh sesal. Untung Ia tak digebuk penghuni asama. Untuk alasan persaudaraan penghuni asrama merahasiakan nama si maling.

Lantas, apa yang terjadi pada diri si maling andai tak mengindahkan ancaman itu? ”Ooo... pace tra selamat,” jawab seorang penghuni asrama sambil tersenyum pasti. Layak Dicoba. ***

1 komentar:

Sanco Irianto A, S.Kep.Ns mengatakan...

salam kenal sesama Blogger Manokwari...! nice blog...! visit my Blog at http://keperawatanku.blogspot.com